Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

[AD] Imlek Tiba, Inilah Fakta Seputar Angpao yang Perlu Kamu Ketahui

Seorang anak merasa senang dengan Angpao yang Ia dapatkan.


Bagi-bagi angpao selalu identik dengan perayaan tahun baru China. Angpao dengan amplop warna merah sampai nominal uang di dalamnya yang beda-beda. Itulah beberapa fakta tentang angpao yang perlu anda ketahui. Kata angpao atau istilah dalam bahasa Mandarin disebut dengan hongbao menunjukkan pada amplop warna merah yang di dalamnya berisi uang.  

Sering kali Angpao Imlek tersebut akan dibagikan kepada keluarga maupun karyawan di perusahaan. Kebanyakan orang seringkali membandingkan perolehan angpao yang diterima. Padahal sesungguhnya makna dari angpao sebenarnya ada pada amplop warna merah tersebut. Bukan dari seberapa banyak nominal uang yang ada pada amplop.

Pada budaya China maupun Asia Timur yang lain, amplop yang berwarna merah dipercaya sebagai simbol kemakmuran serta keberuntungan. Tak hanya amplop warna merah saja, nyatanya masih banyak fakta unik seputar angpao.

Asal Usul Angpao Warna Merah


Pada legenda zaman dulu, ada hantu yang bernama Sui. Hantu tersebut senang meneror anak kecil. Sehingga hantu Sui membuat takut anak kecil. Bahkan ada anak kecil yang demam parah hingga kesehatan mental mereka yang terancam. Kondisi demikian membuat para orang tua mengupayakan memberantas teror dari hantu Sui. Salah satu upaya yang dilakukan dengan menyalakan lilin dan terjaga dari tidur sepanjang malam guna menjaga anak mereka.

Hingga tiba suatu malam di Tahun Baru China, terdapat orang tua yang menghadiahi anak mereka delapan koin. Koin tersebut dimasukkan ke dalam amplop merah supaya digunakan sang anak bermain agar tidak tertidur sampai malam. Namun si anak tetap saja tertidur dengan koin yang dihadiahkan yang ditaruh di bawah bantalnya.

Hantu Sui lalu muncul akan tetapi saat hantu tersebut akan menyentuh si anak, ternyata koin tersebut merupakan  8 peri abadi yang menjelma. Peri abadi kemudian menyerang hantu Sui sehingga berhasil mengusir hantu tersebut. Hingga saat ini amplop serta koin tersebut dikenal dengan istilah yasui qian yang artinya menekan uang Sui.

Perbedaan nominal uang pada angpao


Tradisi bagi-bagi angpao tak hanya diberikan untuk anak-anak, angpao ternyata juga dibagikan pada keluarga, teman, kolega, serta orang yang terdekat lainnya. Nominal di dalamnya yang dibagikan berbeda tergantung pada hubungan dekatnya. Contohnya misal orang tua serta kakek nenek akan mendapat nominal angpao di amplop merah yang lebih banyak dibandingkan karyawan di perusahaan maupun kenalan biasa.

Tradisi aturan saat bagi angpao


Pembagian angpao tidak dapat dilakukan sembarangan sebab ada tradisi aturan. Misalnya, uang yang dimasukan pada amplop merupakan yang yang rapi dan bersih. Aturan itu membuat antrean panjang di bank saat menjelang tahun baru China karena banyak orang yang akan menukar uang mereka dengan uang baru.

Aturan dan cara menerima angpao


Tidak hanya cara memberi angpao yang ada aturannya. Menerima angpao pun juga ada aturan. Pada tradisi China, anak kecil harus berlutut ketika menerima angpao dari anggota keluarga mereka yang lebih tua. Tradisi berlutut ini hingga saat ini masih berlaku di beberapa daerah di China.

Ketika menerima amplop merah tersebut, si penerima harus menjulurkan kedua tangan. Dan dalam tradisi mereka tidak boleh membuka angpao tersebut di depan pemberi tersebut.

Fakta lain tentang angpao


Tak hanya pada perayaan tahun baru China, angpao juga dibagikan ketika adanya perayaan lain seperti pernikahan maupun kelahiran bayi. Pemberian angpao tersebut supaya selalu berkah dan beruntung. Ketika memberikan angpao juga harus memperhatikan warna amplop yang disesuaikan dengan perayaan tersebut. Seperti contohnya, memberikan amplop warna putih saat upacara pemakaman.
munadi syarif
munadi syarif Blogger sejak 2 0 1 3

Posting Komentar untuk "[AD] Imlek Tiba, Inilah Fakta Seputar Angpao yang Perlu Kamu Ketahui"