Tips Agar Panel Surya Terawat Tahan Lama

Image from Unsplash

Panel surya adalah alat yang terdiri dari sel surya yang mengubah cahaya menjadi listrik. Mereka disebut surya atas Matahari atau "sol" karena Matahari merupakan sumber cahaya terkuat yang dapat dimanfaatkan. Panel surya sering kali disebut sel fotovoltaik, photovoltaic dapat diartikan sebagai "cahaya-listrik".


Merawat panel surya bisa dibilang gampang-gampang susah. Karena sistem panel surya sifatnya diam (tidak berpindah-pindah), tidak banyak jenis perawatan yang dibutuhkan. Tidak bergeraknya panel surya membuat potensi kerusakan fisik terbilang minim. Kendati demikian, perawatan harus dilakukan secara serius dan berkala agar panel surya awet serta tahan lama. 


Kunci perawatan sistem panel surya adalah membuatnya tetap kuat, berfungsi secara proporsional, efisien, dan struktur yang efektif. Untungnya, panel surya dianggap tahan banting karena meski telah digunakan selama dua puluh tahun, efektivitasnya masih berada di kisaran 92%. Tetap saja, panel surya butuh perhatian lebih. Berikut ini tips perawatan sistem panel surya yang perlu diketahui. 


Menjaga panel surya tetap bersih


Hal terpenting dalam merawat panel surya adalah menjaganya tetap bersih dari kotoran. Perawatan rutin wajib dilakukan. Kalau perlu dilakukan secara berkala, misalnya harian, mingguan, atau bulanan. Beberapa pengguna panel surya ada yang melakukan pengecekan secara tahunan, namun cara ini hanya berlaku jika kondisi sekitar rumah yang dipasangi panel surya benar-benar bebas dari ancaman kotoran, debu, atau objek yang menghalangi sinar matahari sebagai sumber tenaga. 


Area pertama yang wajib dibersihkan adalah permukaan panel surya. Oleh karena itu, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah mengeceknya, apakah ada masalah seperti kotoran dan debu. Perhatikan juga apakah ada bayangan yang menghalangi sinar matahari, semisal bayangan dari pohon di sekitar rumah. Inilah alasan pentingnya melakukan survei agar saat instalasi tidak ditemukan adanya objek yang menghalangi paparan sinar matahari. 


Membersihkan permukaan panel surya juga bisa dilakukan dengan banyak cara. Anda bisa membeli pembersih khusus panel surya. Komposisinya sebetulnya cukup sederhana, yakni terdiri dari sabun cair, penyeka dan sikat. Alat-alat tersebut hampir sama dengan pembersih kendaraan seperti motor dan mobil, sehingga apabila kesulitan mencari pembersih khusus panel surya, Anda bisa menggunakan pembersih semacamnya. 


Perhatikan pula kabel pada sistem instalasi dan puing-puing yang mungkin mengganggu sinar matahari. Saat membersihkan panel, jangan terpaku hanya pada permukaan panel suryanya saja. Cek pada bingkai atau penyangga panel surya, pastikan terpasang secara tepat dan perbaikan apabila ditemukan kesalahan. Yang terpenting lagi, jangan sampai ada celah untuk air bisa masuk ke sistem instalasi, sebab air bisa menyebabkan korosi. 


Membersihkan panel surya juga ada triknya sendiri. Berikut ini penjelasannya:


  • Membersihkan panel surya harus menggunakan air bersih.
  • Gunakan sikat dari bahan halus
  • Saat membersihkan panel surya, jangan biarkan air pada panel surya mengering dengan sendirinya.
  • Lakukan pada pagi atau sore hari
  • Memonitor kinerja sistem panel surya 


Apabila tertarik menggunakan panel surya sebagai alternatif kebutuhan listrik dirumah anda juga bisa menggunakan jasa pasang solar panel terpercaya di sewatama yang memiliki banyak pengalaman dan tim yang handal. 


No comments:

Powered by Blogger.