Tips Ampuh Melindungi Kulit dari Bahaya Sinar Matahari

Image by Unsplash
Tahukah Anda jika kulit terpapar sinar matahari secara terus menerus dalam jangka yang panjang dapat menyebabkan berbagai masalah pada kulit, seperti kemerah-merahan, menggelap lalu menghitam, bermunculan bintik-bintik coklat atau coklat, penuaan dini, dan lebih parahnya lagi dapat menyebabkan kanker kulit.

Perlu diketahui bahwa sinar matahari menghasilkan dua jenis sinar ultraviolet, sinar ultraviolet A atau UV A dan sinar ultraviolet B atau UV B. Sinar UV A inilah yang berbahaya bagi kulit yang mengakibatkan penuaan dini pada kulit lebih cepat bila terus menerus terpapar. Sinar yang bisa menembus kaca adalah sinar matahari jenis ini.

Berbeda halnya dengan sinar UV B, jenis sinar ini tidak dapat menembus kaca, namun memiliki resiko dapat memicu munculnya kanker kulit. Untuk melindungi serta mencegah kulit dari dampak bahaya sinar matahari tersebut, Kalian perlu menggunakan krim pelindung matahari setiap akan beraktivitas di lapangan (outdoor). Pilih krim yang mengandung Sun Protection Factor (SPF) yang menjadi peran sebagai sunblock pada kulit. Selebihnya bisa mengikuti cara melindungi kulit dari sinar matahari dibawah ini;


Pertama, Sebisa mungkin untuk menjauhi paparan sinar matahari secara langsung antara pukul 10:00 sampai pukul 15.00 sore. Hal ini dikarenakan jarak antara matahari dengan bumi saat jam tersebut sangat dekat, sehingga mengakibatkan jumlah sinar ultraviolet yang sampai ke permukaan bumi cenderung lebih intensif dan berbahaya dari pada saat matahari terbit atau di sore hari saat tenggelam. Namun bisa keadaan memaksakan untuk beraktifitas di bawah sinar matahari langsung, disarankan memakai krim yang mengandung sunblock, sehingga kulit lebih aman ketimbang tidak memakai apa-apa.

Perlu diketahui juga bahwa sepertiga dari radiasi ultraviolet yang sampai pada permukaan bumi terjadi antara pukul 11.00 hingga pukul 13.00 dalam satu harinya. Maka diusahakan untuk tidak beraktivitas di outdoor antara jam tersebut.

Kedua, mengkonsumsi makanan dan buah-buahan yang dapat memberikan perlindungan natural pada kulit dari sinar matahari. Buah-buahan yang direkomendasikan seperti buah anggur (merah), jeruk, semangka, buah delima, green tea, kacang almond, strawberry, wortel, tomat, dan buah-buahan lainnya yang kaya akan kandungan lycopene.

Ketiga, saat berada di luar ruangan, lindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung dengan cara menggunakan, jaket, payung atau topi. Apabila sering berkendara sepeda motor, selain helm yang wajib dipakai juga perlu menggunakan jaket, sarung tangan dan sepatu.

Keempat, gunakan pakaian yang menutup seluruh bagian kulit dan tidak kalah penting adalah longgar. Juga, pilihlah pakaian yang mampu menyerap keringat dengan baik dan tentunya nyaman saat dipakai. Hindari menggunakan pakaian berwarna gelap, karena warna gelap cenderung mudah menyerap sinar matahari. Pilihlah warna pakaian yang terang dan berbahan katun atau linen, karena selain bisa memantulkan sinar matahari juga memberikan sirkulasi udara dengan baik pada kulit tubuh.

Kelima, selalu gunakan pelembab atau sunblock yang memiliki SPF minimal 15-30 menit sebelum beraktivitas di outdoor. Pakaikan kembali setiap 2-4 jam sekali, hal ini dikarenakan perlindungan dari sunblock dapat berkurang akibat keringat atau saat kontak langsung dengan air.

Pilih sunblock jenis Skin Defence Multi –Protection Essence SPF50 PA++++ dengan tekstur milk-to-water dengan proteksi ganda UV A & UV B (broad spectrum) serta mengandung red algae extract dan vitamin C sebagai antioksidan agar kulit tidak tampak kusam. Kandungan SPF 50 bisa melindungi dari sinar UV B yang memicu kemerahan dan kerusakan pada permukaan kulit. Sedangkan kandungan PA+++ membantu melindungi kulit dari sinar UV A, yang merupakan gelombang panjang yang bahannya sudah saya jelaskan di atas. 

Demikian 5 cara untuk melindungi kulit wajah dari bahaya sinar matahari yang bisa Anda aplikasikan setiap hari atau saat mengharuskan Anda untuk beraktivitas di luar ruangan dengan paparan sinar matahari secara langsung. Semoga bermanfaat.

No comments:

Powered by Blogger.