Berkunjung Ke Medan? jangan Lupa Cicipi Makanan Oleh-oleh Favorit ini!


Medan merupakan salah satu kota terbesar keempat di Indonesia setelah Jakarta, Bandung dan Surabaya. Banyak tempat-tempat pariwisata yang menarik yang bisa jadi salah satu pengalaman menarik yang Anda alami ketika berkungjung ke sana. Menjelajah berbagai tempat wisata dan berkeliling kota serta mencicipi kuliner khas Medan tentu lebih mengasyikkan.

Berwisata di kota Medan membutuhkan waktu yang tidak singkat, hal akomodasi tentu harus Anda pikirkan. Namun masalah akomodasi penginapan di kota Medan tidak usah menjadi kekhawatiran Anda. Buka saja aplikasi Pegi-pegi di smartphone Anda (bagi yang belum punya, silahkan download di App Store maupun Playstore). Setelah terbuka, cari saja 'Hotel di Medan' maka Aplikasi Pegi-pegi akan Menampikan hotel-hotel terbaik di Medan yang Anda butuhkan. 

Nah, saat tiba waktunya pulang dan tidak ingin melewatkan begitu saja kesan kota Medan, tentu oleh-oleh kota Medan harus ikut dibawa pulang bersama Anda. Banyak sekali kuliner/makanan Medan yang wajib Anda bawa pulang, namun berikut saya rekomendasikan beberapa oleh-oleh khas Medan paling favorit saat ini. Apa aja? yuk simak tulisan saya berikutnya;

1. Medan Napoleon

Image by @medannapoleon
Kalau di kota Malang terkenal dengan Malang Strudel, tentu Medan pun punya hal itu, Medan Napoleon namanya. Kalau Malang Strudel ownernya artis teuku Wisnu, sedangkan Medan Napoleon ownernya artis Irwansyah.

Medan Napoleon merupakan cake perpaduan antara bolu gulung dari Medan dan Napoleon Cake asli Perancis. Medan Napoleon dibuat dengan tiga lapisan pastry yang diberi olesan selai dan diluarnya ditutup dengan bolu serta topping beraneka ragam rasa. Anda akan merasakan renyahnya kulit pastry dan lembutnya bolu plus selai, yang menjadi perpaduan nikmat pada kue blasteran ini.
Terdapat beberapa varian rasa yang tentunya akan memanjakan lidah kita, seperti rasa durian yang manis, green tea, keju, dan red velvet. Untuk mendapatkan satu kotak Medan Napolean, Anda hanya perlu mengocek kantong 65 ribu rupiah saja, khusus rasa red velvet harganya lebih mahal dari rasa lainnya.

2. Bolu Meranti

Image by bago
Bolu Meranti, kue gulung dengan tekstur lembut creamy dan rasa legit ini harus menjadi oleh-oleh wajib Anda yang harus dibeli saat berkunjung ke Medan. Beragam varian rasa bolu Meranti ini, seperti dari nanas, keju, stroberi, mocca, kacang sampai blueberry. Bolu ini hanya dapat bertahan sampai tiga hari saja jika di luar lemari es. Harga yang ditawarkan bolu Meranti ini bervarian, mulai dari Rp. 45.000 sampai Rp. 75.000, juga tergantung rasa, irisan serta topping diatasnya.

3. Pancake Durian

Image by Iyakan
Medan sudah terkenal dengan buah duriannya. Hampir setiap tahun musim durian di sana. Dengan kreativitas masyarakat Medan dan sekitarnya, maka dibuatlah kue berbahan dasar durian yang sekarang terkenal dengan pancake durian Medan.

Pancake Durian termasuk sebagai pendatang baru kategori oleh-oleh khas Medan, saat ini sudah banyak dijual di berbagai tempat di Kota Medan. Pancake Durian hanya dapat bertahan selama 8 jam saja jika tidak disimpan di dalam lemari es, namun dapat bertahan hingga satu bulan jika disimpan di dalam lemari es. Ini membuktikan bahwa pancake Durian Medan tanpa bahan pengawet agar cita rasa yang dihasilkan terasa lebih nikmat dan original.



4. Bika Ambon

Image by makan
Makanan lain yang terkenal dari Kota Medan adalah Bika Ambon. Kue ini paling digandrungi dan disukai banyak orang, terutama orang-orang berasal dari luar Medan.
Walaupun terdapat nama Ambon, namun oleh-oleh ini  ini bukan berasal dari daerah tersebut, melainkan muncul pertama kali di kota Medan tepatnya di simpang Jl Ambon-Sei Kera Medan.

Bika ambon dijual bervariasi dan berbagai rasa. Mulai dari rasa original, susu, keju, pandan, dan lainnya. Harga yang ditawarkan juga cukup bervariasi, mulai dari harga Rp 38 ribu sampai Rp 85 ribu tergantung dengan rasa serta ukuran.

5. Lemang

Image by tobato
Lemang adalah makanan khas Medan yang wajib Anda santap saat berkunjung ke kota ini. Lemang hampir mirip dengan lontong, yang berbeda adalah cara memasaknya. Dengan bahan-bahan seperti Ketan putih, Santan, garam, lalu dimasukkan adonan Lemang kedalam bambu, lalu dimasak pada bakaran api. Rasa Lemang sudah pasti gurih dan nikmat.

Itulah beberapa makanan oleh-oleh kota Medan yang wajib Anda cicipi dan bawa pulang sesaat  sebelum meninggalkan kota ini. Jangan lupa untuk selalu melihat tanggal expired makanannya, agar saat sampai di rumah bisa disantap bareng keluarga maupun saudara lainnya. 


loading...

No comments:

Powered by Blogger.