[AD] Alasan Pentingnya Punya Asuransi di Tengah Laju Pesat Pertumbuhan Ekonomi

Image by Unsplash
Pertumbuhan ekonomi suatu negara berperan besar terhadap laju perekonomian. Pada tahun 2018 lalu, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Indonesia mengalami pertumbuhan ekonomi sebesar 5,17%. Angka tersebut merupakan yang terbesar sejak tahun 2018 dan diikuti oleh persentase penduduk miskin yang menurun jadi 9,66%. Angka pertumbuhan ekonomi yang stabil dan menunjukkan tren positif membuat perekonomian Indonesia semakin maju dan berdampak baik bagi dunia bisnis dan investasi.


Dampak Pertumbuhan Ekonomi

Laju pertumbuhan ekonomi yang begitu pesat memberi dampak positif bagi dunia bisnis dan investasi. Saat laju pertumbuhan ekonomi tinggi, maka bisnis yang dijalankan perusahaan juga akan semakin baik.Hal ini dibuktikan oleh data neraca perdagangan pada bulan Februari 2019 yang menunjukkan angka positif atau surplus karena jumlah ekspor yang lebih tinggi dibanding impornya. Sementara itu, data realisasi Penanaman Modal Asing (PMA) Indonesia pada tahun 2018 juga tercatat meningkat sebesar 12,4% atau berada di angka Rp 108,9 Triliun.


Potensi Risiko yang Dihadapi

Di tengah kondisi bisnis yang tengah berjalanbaik, perusahaan tidak boleh terlena dan mengabaikan potensi risiko yang ada. Karena, risiko tetap dapat mengancam jalannya bisnis perusahaan saat laju pertumbuhan ekonomi tengah begitu pesat sekalipun, terutama pada perkembangan perusahaan dalam lingkungan bisnis yang semakin kompleks

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Oxford Business Group (OBG) pada tahun 2018, selama 2 tahun terakhir 64% responden, yang terdiri dari CEO, COO, CFO, dan setara, menilai bahwa berbisnis di Indonesia terasa lebih mudah. Namun, responden juga menyatakan masih ada berbagai risiko yang dapat menghantui iklim bisnis saat ini seperti kebijakan perdagangan luar negeri, keterampilan SDM dan kualitas infrastruktur dalam negeri.


Minimalisir Risiko dengan Asuransi

Potensi risiko yang hadir meskipun saat laju perekonomian tengah membaik dapat diatasi dengan melakukan proses manajemen risiko yang tepat. Manajemen risiko berguna untuk  mengidentifikasi risiko sekaligus mengantisipasi kerugian saat risiko terjadi. Dalam manajemen risiko, penggunaan asuransi bisa menjadi salah satu cara untuk meminimalisir kerugian secara finansial ketika risiko terjadi. 

Untuk memudahkan pencarian produk asuransi yang tepat, perusahaan dapat menggunakan jasa broker asuransi yang terpercaya. Karena, broker asuransi dapat membantu proses identifikasi risiko, mitigasi risiko hingga pemilihan paket asuransi dari beberapa perusahaan asuransi yang dapat dipilih sesuai kebutuhan perusahaan Anda. Sehingga, Anda dapat lebih tenang dalam menjalankan bisnis sekaligus dapat berkonsentrasi terhadap target perusahaan yang ingin dicapai.


loading...

No comments:

Powered by Blogger.