Ads Top

Cara Memindai atau Scan Dokumen di iPhone

Image by Unsplash
Saat ini sebuah dokumen bisa dipindai ke ponsel melalui kamera. Banyak beredar sudah berbagai aplikasi scanner dokumen melalui kamera. Sebenarnya sudah lama fitur-fitur serupa disematkan di banyak brand smartphone. Bahkan fitur ini menjadi kebanggaan di beberapa kesempatan launching OS terbaru saat dipresentasikan, misalkan pada MIUI Xiaomi. 

Scanner dokumen sangat penting bagi kalian yang bergelut dengan kertas/dokumen misalnya. Saat mahasiswa, fitur ini menjadi andalan saya untuk dapat catatan-catatan penting untuk bisa dibaca di ponsel atau di share ke teman2.  Biasanya bagi kalian yang malas nulis beberapa materi kuliah atau pelajaran, fitur ini sangat membantu dan menjadi andalan. Scan catatan punya teman, beres deh.

Bagaimana pada iPhone, apakah mempunyai fitur ini di iOSnya? Ternyata pengguna iPhone pun bisa melakukan hal ini. Namun bukan dalam sebuah aplikasi, namun tersemat pada aplikasi Catatan/Note. fitur ini belum banyak diketahui banyak pengguna iPhone. 

Untuk memindai dokumen atau catatan Anda buka terlebih dahulu aplikasi Catatan/Note. Kemudian buat Catatan Baru, dan klik tombol + di bawah, pilih Pindai Dokumen. Silahkan foto dokumen atau catatan kalian dengan bebas (posisikan dokumen di tampilan kamera), tidak perlu frame yang pas saat memfoto. 
Image: Dokumentasi Pribadi
Setelah berhasil difoto, silahkan atur framenya atau default otomatis sudah ditentukan. Kemudian klik Simpan Pindaian di pojok kanan bawah. Lakukan hal yang sama jika dokumennya banyak. :). Jadi deh, mudah bukan?

Jadi, Kalian tidak perlu datang ke photocopy hanya untuk scan dokumen. Cukup dengan ponsel, dokumen sudah bisa dipindahkan ke ponsel dan bisa disebarkan ke orang lain.

Sekian tutorial bagaimana cara memindai dokumen di iPhone tanpa aplikasi tambahan. Semoga senang dengan kemudahan ini. 

No comments:

Powered by Blogger.