Ads Top

[AD] Kamera Mirrorless Saku Untuk Fotografer Pemula

Image by Unsplash
Banyak orang tertarik dengan dunia fotografi, dimulai dari saat menggunakan kamera smartphone yang saat ini terus mengalami peningkatan yang signifikan. Kecanggihan-kecanggihan coba dihadirkan pada kamera smartphone, namun banyak kelemahannya saat Anda ingin fokus pada fotografi. 

Nah, jika Anda ingin fokus belajar fotografi dengan desain compact seperti Anda memegang smartphone, kamera mirrorless adalah jawabannya. 

Saat ini ada banyak sekali produk kamera mirrorless yang bisa Anda dapatkan, salah satunya Canon EOS M10, salah satu kamera mirrorless saku terbaik masa kini yang compact sehingga bisa menemani keseharian Anda tanpa ribet. Produk ini resmi loh dan mendarat di Indonesia sejak 1 Februari 2016. Canon EOS M10 hadir dalam tiga varian bundle yakni versi kit lensa EF-M 15 f/3.5-6.3 IS cSTM, versi kit dengan lensa EF-M 15 f/3.5-6.3 IS STM + 22mm f/2 STM serta versi kit dengan lensa EF-M 15 f/3.5-6.3 IS STM + 55-200mm.


Kamera mirrorless ini termasuk ke dalam kelas entry-level dengan menyematkan sensor APS-C beresolusi 18MP, prosesor DIGIC 6, LCD dengan layar sentuh seluas 3 inci yang dapat dilipat hingga 180 derajat, kemudian dibekali dengan sistem autofokus berteknologi Hybrid CMOS AF II, perekaman video hingga Full HD Movie 30p, ISO 100 hingga 12800. Serta yang banyak diharapkan orang termasuk saya adalah fitur konektivitas, Wi-Fi dan NFC hadir di kamera mirrorless ini. Jadi Anda tidak perlu copot-pasang memory card untuk memindahkan photo hasil jepretan Anda. 

Kamera ini memang dirancang dan didedikasikan khusus bagi Anda yang hobi fotografi smartphone dengan kamera saku yang lebih berkualitas dengan fitur yang canggih dibanding kamera smartphone tanpa mengorbankan faktor kepraktisan dan harga yang relatif terjangkau.


Desain body

Saya rasa Canon EOS M10 pas bagi Anda yang ingin kamera mirroless yang compact, pas saat digenggam dan solid desainnya. Kamera saku lah istilahnya. Jadi Anda bisa membawanya dengan nyaman tanpa ribet tempat dan tidak berat.

Tadi saya sudah menyinggung bahwa pada layarnya sudah dibekali thoucscreen, sehingga Anda bisa melakukan pengaturan penuh pada LC, walaupun sudah terdapat tombol fitur di sampingnya. 

Bagian body kiri terdapat tombol aktivasi flash, slot memory card, dan port USB. Sementara pada bagian kanannya terdapat tombol pengaturan Wi-Fi maupun NFC.


Kualitas gambar dan video

Karena saya pernah menggunakan kamera ini, saya tau bagaimana hasil jepretan dan video yang dihasilkan. Menurut saya hasilnya memuaskan bila dibandingkan dengan kamera smartphone Anda. Hasilnya cukup bagus bila saya bandingkan dengan kamera di atasnya dengan fitur dan budget lebih besar.

Dengan layar yang bisa Anda tekuk 180 derajat menghadap ke depan, Anda bisa selfy dengan nyaman tanpa ribet dan hasilnya pun memuaskan. Saat merekam pun dengan posisi kamera seperti apa, Anda masih bisa melihat pada layar, sehingga perekaman sesuai konsep. Video yang dihasilkan pun memuaskan. 


Lensa Canon EOS M10

Canon EOS M10 dibekali lensa kit bawaan EF-M 15-45mm f/3.5-6.3 IS STM. Menurut saya lensa ini sangat canggih dan sudah bisa diandalkan untuk mengabadikan momen-momen keseharian Anda seperti foto portrait, maupun landskap. Lensa terdapat mekanisme tarik sodor ke depan dan ke belakang, sehingga bisa dipendekkan jika sedang tidak digunakan.

Lensa pada EOS M10 juga dapat dilepas dan ditukar dengan beberapa lensa lain yang cocok dengan dudukan EOS M. Keren kan, ini kamera saku loh.


Kesimpulan

Dari apa yang saya sampaikan di atas, Canon EOS M10 menurut saya mampu menyajikan gambar yang bagus di segala kondisi, terlebih saat cahaya mencukupi. 

Kamera saku ini lebih ditujukan bagi kalangan awam yang sebelumnya hanya mengandalkan kamera smartphone dan ingin belajar serta lebih mendalami dunia fotografi. Yah mungkin hanya untuk sekadar foto untuk dibagikan ke jejaring sosial atau video dengan kualitas sederhana untuk vlog pribadi, saya rasa Canon EOS M10 sudah memenuhi kriteria tadi.

Sekian ulasan saya mengenai Canon EOS M10 yang pernah saya gunakan saat Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun silam. Kameranya pas tanpa ribet dan enak digenggam dan enak digunakan saat dokumentasi kegiatan saya. Terimakasih.

No comments:

Powered by Blogger.