[REVIEW] iOS 12 di iPhone 5s Setelah 1 Bulan

Image by Unplash
Saya adalah orang yang terus mantengin berita tentang iOS 12 yang sempat heboh di jagat raya teknologi. Sehingga saat peluncuran resmi iOS 12 pada 19 September 2018, hari itu juga saya langsung update. Apple FanBoy 😊

Device Apple saya iPhone 5s, perangkat Apple yang kebagian iOS 12 generasi baheula. Ini kali kedua, generasi terakhir yang mendapatkan update iOS 11 dan 12, mudah-mudahan iOS selanjutnya juga kebagian ya. Very exited

Setelah satu bulan berlalu, saya berniat berbagi cerita dengan sedikit ulasan melalui tulisan ini. Ulasan ini bersifat pendapat pribadi selama saya mengoperasikan iPhone 5s dengan iOS 12. Saya mengulas dari sisi penting saja yang terlihat menonjol dan penting seperti, tampilan iOS 12, tampilan pada Lockscreen, daya tahan baterai, sidik jadi dan kamera.

Baiklah saya mulai.

Tampilan iOS 12

iOS 12 tidak membawa banyak perubahan dari segi tampilan, tidak seperti iOS 10 ke iOS 11 membawa banyak sekali perubahan dari segi tampilan. Seperinya Apple tidak mau berlama-lama dengan angka yang semakin meningkat di belakang angka 11, dimana iOS 11 berakhir pada versi 11.4. Ini hanya asumsi saya, karena perubahannya minim sekali. 

More power iOS 12 hanya bisa dinikmati penuh pada perangkat Apple terbarukan, seperti iPhone 8, iPhone 8 plus, Phone X, iPhone XS, iPhone Xs Max dan iPhone XR. iPhone 5s mah hanya kebagian sentilan-sentilan kecil saja. Tapi saya masih bersyukur masih dapat kebagian iOS 12 ini. Thanks Apple!

Tampilan yang menonjol beda iOS 12 pada iPhone 5s bisa dihitung, seperti group notifikasi, tambahan fitur Durasi layar di setting, grafik penggunaan baterai, pada keyboard; kita bisa dengan mudah mengoreksi tulisan dengan menekan spasi dan mengarahkan kursor pada tulisan yang salah dengan mudah, fitur Pindai Kode QR pada pusat control; walaupun aplikasi kamera sudah bisa mendeteksi dan memindai kode QR, tampilan tumbnail Memo Suara, dan Tampilan Album Foto lebih minimalis dengan fitur terbarunya. 

Intinya tidak ada perubahan besar-besaran di versi 12 ini, biasa saja di iPhone 5s.

Hanya itu yang saya temukan perubahannya di iPhone 5s, jika temen-temen menemukan yang baru silahkan mention di kolom komentar.

Lockscreen

Di iOS 12, pemberitahuan di lockscreen digroupkan berdarkan masing-masing item atau aplikasi. Pada aplikasi WhatsApp, pemeritahuan digroupkan berdasarkan group, jika mempunyai Group WA. Aplikasi lain juga begitu, digroupkan berdasarkan item tertentu. Tidak seperti di iOS 11, notifikasi diuraikan berserakan, mana yang lebih dulu masuk itu yang ditampilkan, jadi terkesan berantakan. 

Jika notifikasi kalian swipe ke kanan, maka ada tambahan fitur kelola yang sebelumnya hanya fitur lihat dan bersihkan. Fitur kelola ini mengelola pemeritahuan yang masuk; kirim dengan hening atau matikan. Jika sangat menggangu bisa pilih matikan dengan sekali ketuk, more easy.

Baterai

Saya merasakan ketahan baterai iPhone 5s saya tidak sebaik saat iOS 11, sedikit lebih boros di iOS 12. Lebih boros lagi setika saya tidak menggunakan fitur Mode Daya Rendah. Padahal jaringan seluler saya saat ini di 3G, karena area saya belum support 4G/LTE. Bagaimana pada saat jaringan 4G/LTE, bisa tambah boros lagi. 

Maka dari itu saya selalu menggunakan Mode Daya Rendah, sehingga menjadi sedikit lebih irit. Perlu temen-temen ketahui, saya sudah menjalankan cara agar baterai iPhone tidak boros, seperti pada setingan data seluler; aplikasi yang tidak penting-penting amat menggunakan data seluler saya of-kan, bagian multitasking; rutin dibersihkan setelah tidak digunakan, tidak pernah mengoperasikan saat dicharge, pada settingan tampilan pratinjau pemberitahuan saya atur, dan lainnya. Tapi saya masih merasakan iOS 12 memakan daya lebih besar ketimbang iOS 11.

Saya mengakui kekurangan ini, karena memang iOS 12 menambah fitur-fitur terbaru yang mengkonsumsi daya baterai walaupun tidak seberapa. Misal fitur Durasi Layar; menampilkan secara terus menerus dan otomatis merekam secara realtime kegiatan saya mengoperasikan iPhone dengan sangat detail, fitur grafik pada baterai; menampilkan proporsi baterai yang digunakan setiap waktunya, dan fitur-fitur lainnya yang more power.

Seharian penuh, saya lebih sering mengoperaskan sosial media, yang lebih sering akhir-akhir ini adalah twitter dan youtube, aplikasi lainnya tidak sebanyak saya gunakan di dua aplikasi tersebut. Daya tahannya menurun drastis, baik dengan mode daya rendah maupun tidak. Saat iOS 11 tidak separah di iOS 12. 

Kesimpulannya, daya tahan baterai di iOS 12 lebih boros dari pendahulunya iOS 11. 

Sidik Jari

Ada perubahan di iOS 12 pada fitur sensor sidik jari/touch ID, lebih cepat dari pendahulunya. Walupun tidak secepat iphone 6 ke atas yang memiliki sensor sidik jari terbarukan, jadi wajar sensor sidik jari generasi pertama iPhone ada di iPhone 5s sedikit lebih lambat. Tapi saya merasakan ada peningkatan dari segi responsivitas dan kecepatan di iOS 12. 

Kamera

Seperti pada janjinya yang tertulis pada iOS 12, launching camera menjadi cepat dan swipe to camera saat lockscreen lebih cepat. Intinya aplikasi kamera sangat cepat kebuka. Kecepatan ini menjadi nilai tambah iOS 12 yang sebelumnya banyak dikeluhkan, termasuk saya. Saat ada momen yang bagus untuk diabadikan rasanya kesal sekali kamera tidak juga terbuka. Kesal bukan, momen bagus berlalu percumah.

Saya seorang yang sedang mendalami ilmu photography, fitur ini sangat berguna. Swipe to camera saat lockscreen lebih cepat membantu saya menemukan momen keren dengan sigap. Inti pada Kamera lebih baik dari iOS 11.

Mungkin itu saja ulasan dari saya mengenai iOS 12 yang bekerja di iPhone 5s. Sekali lagi, pendapat saya atas ulasan ini murni pendapat saya dengan apa yang saya rasakan di iPhone 5s milik saya sendiri. Bila temen-temen kurang sejutu atau ingin ngasih masukan silahkan ramaikan kolom komentar. 😊

Terimakasih.

loading...

No comments:

Powered by Blogger.