Ads Top

[AD] Beragam Hal yang Bisa Anda Lakukan Untuk Membantu Sektor UMKM

Image by Unsplash
Dalam perekonomian suatu negara, ada berbagai sektor yang menopang ekonomi tersebut agar bertumbuh dengan pesat. Di Indonesia, salah satu sektor yang menopang perekonomian hingga berkembang dengan pesat adalah sektor UMKM atau sektor Usaha Menengah Kecil dan Mikro. Usaha ini umumnya merupakan usaha yang didirikan pada lingkup bisnis yang kecil hingga akhirnya mampu menghidupi banyak orang di Indonesia.

Agar perkembangan ekonomi Indonesia tetap terjaga, maka sektor UMKM haruslah dirawat dan dibantu secara terus menerus agar tetap hidup. Hal ini bertujuan supaya para pelaku UMKM dapat hidup mandiri dan bisa mengembangkan usaha yang dimilikinya. Untuk membantu sektor UMKM di Indonesia, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan seperti dua hal berikut ini :


Memberikan pelatihan

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk membantu sektor UMKM di Indonesia adalah pelatihan. Jika Anda ingin mengembangkan sektor UMKM yang telah berjalan di Indonesia, maka pelatihan menjadi suatu hal yang penting. Karena, banyak pelaku usaha sektor UMKM tidak memiliki keterampilan yang memadai untuk mengembangkan bisnisnya agar bisa menjadi lebih besar lagi. Hal ini tentu perlu menjadi perhatian dan Anda bisa memberikan pelatihan kepada para pelaku UMKM supaya usahanya dapat berkembang menjadi lebih besar lagi.


Memberikan suntikan dana berbentuk investasi

Selain pelatihan, hal lainnya yang bisa Anda lakukan agar bisnis yang dijalankan pelaku UMKM menjadi semakin besar adalah pemberian suntikan modal. Salah satu kendala utama yang membuat banyak pelaku UMKM gagal mengembangkan bisnisnya adalah keterbatasan modal. Modal yang terbatas membubat mereka tidak dapat mengeksplor lebih besar lagi bisnis yang dijalankan. Hal ini bisa terbantu jika Anda menjadi investor di skema p2p lending Mekar.

Bersama Mekar, Anda dapat membantu para pelaku UMKM khususnya yang merupakan kalangan wanita. Melalui skema ini, Anda dapat berperan sebagai investor yang meminjamkan uang serta akan menghasilkan keuntungan dari Mekar. Tak hanya itu, skema peer to peer lending Mekar juga dapat menjadi alternatif para pelaku UMKM yang tidak memiliki aspek perbankan hingga terlibat persaingan dengan bank atau sering disebut bank vs p2p lending.

No comments:

Powered by Blogger.