Ads Top

Cara Update iOS 12 Paling Aman


iOS 12 sudah lama dirilis, tepatnya 19 September 2018. Hampir sebulan lewat sejak tulisan ini publish di blog yang Anda sedang kunjungi saat ini. Tulisan ini memuat cara update iOS 12 paling aman. Karena memang banyak cara untuk update iOS 12 selain yang akan saya paparkan dibawah. 

Seperti tulisan saya sebelumnya, sebelum Anda benar-benar ingin beralih ke iOS 12, ada baiknya dan paling banyak direkomendasikan adalah mem-backup data Apple Device (iPhone, iPad dan iPod) ke iTunes di Komputer. Kemudian pastikan storage Apple Device Anda mempunyai ruang yang cukup, saya sarankan minimal kosong 4GB atau lebih. Selain itu koneksi internet dari WiFi Anda kencang dan stabil, hindari menggunakan WiFi di tempat umum. Terakhir adalah daya baterai minimal diatas 50% atau di-Charge saat akan update.

Setelah hal-hal di atas terpenuhi, iOS 12 sudah siap diupdate. Ada beberapa cara untuk update iOS12, namun cara update yang paling aman adalah dengan OTA Update dan via iTunes.


OTA Update

OTA (Over The Air) Update merupakan cara update iOS termudah, letaknya ada di pengaturan Apple device Anda. Anda hanya perlu koneksi Wifi yang kencang dan stabil. 

Langkah melakukan OTA Update silahkan tap aplikasi Pengaturan (settings). Cari Umum (General) -> Pembaharuan Perangkat Lunak (Software Update). Tunggu beberapa detik hingga menampilkan ada pembaharuan iOS 12 di Apple Device Anda. Scrol ke bawah dan tap Download dan Instal (Download and Instal), masukan password; passcode lock. Tunggu hinggal selesai update, pastikan selama proses download tidak dalam keadaan menghubungi atau menerima panggilan telepon.

Setelah selesai update iOS 12, Anda diminta untuk memasukan kode kunci keamanan atau passcode lock sebelum masuk proses instalasi dan menikmati iOS 12. Upade iOS 12 dengan cara ini selesai. 


Via iTunes

Sebelumnya, semua Apple device hanya bisa update iOS via iTune saja. Cara OTA Upadate baru diperkenalkan Apple pertama kali pada iOS 5. Meskipun cara ini cukup jadul alias lawas, namun masih banyak menggunakan metode ini.

Menurut saya, update iOS via iTunes merupakan metode paling aman diantara metode lainnya sekaligus harus berhati-hati. Jika gagal mengunduh iOS dikarenakan jaringan WiFi yang tidak stabil tidak akan menyebabkan Apple Device eror, alias gagal update. Berhati-hati saat proses instalasi iOS ke iPhone, iPod dan iPod, Lighting Cable seringkali disconnect dengan sendirinya ketika terkena senggol atau bergerak, install iOS dipatikan gagal.

Jika sudah tau dan faham paparan saya di atas, langkah update iOS 12 via iTunes sudah bisa dilakukan. 

Proses update iOS 12 menggunakan iTunes memerlukan beberapa peralatan, kabel data Lighting, laptop atau komputer yang sudah terinstal iTunes terbaru dan koneksi WiFi. Hubungkan iPhone, iPad atau iPod Anda ke komputer dengan Lighting Cable. Prose update bisa dimulai. Ikuti langkahnya:

  1. Buka iTunes dan hubungkan iPhone, iPad atau iPod Lighting cable
  2. Klik icon Perangkat Apple kiri atas.
  3. Klik tombol Perbaharui, tunggu hingga menampilkan iOS 12 siap diunduh.
  4. Jika sudah tampil bahwa bahwa ada pembaharuan baru, klik tombol Unduh dan Perbaharui.
  5. Tunggu hingga proses download dan install update iOS 12 ke iPhone, iPad atau iPod selesai.
  6. Masukkan kode sandi keamanan di perangkat jika dibutuhkan saat proses instalasi.

Jika proses update berhenti ditengah jalan dan update gagal dilakukan, biasanya layar kosong hanya logo iTunes dan kabel Lighting ditampilkan di perangkat Apple. Dalam posisi ini, iPhone, iPad maupun iPod tidak bisa diapa-apakan selain Anda sambungkan ke iTunes dan lakukan proses restore. 

Selamat menikmati iOS 12, fitur-fitur canggihnya sudah bisa Anda gunakan.

No comments:

Powered by Blogger.