Ads Top

4 Hal Penting yang Harus Dilakukan Sebelum Update iOS 12

Image by Unplash
Ada kekhawatiran memang sesaat sebelum saya memutuskan update iOS 12 saat pertama kali meluncur pada 19 September lalu. Diantaranya, apakah di versi final ini sudah tidak ada bug lagi walaupun sudah final melihat beberapa teman-teman di Twitter ada yang mengeluhkannya, juga bagaimana kelancarannya di iPhone saya mengingat iPhone saya merupakan generasi terakhir yang kebagian iOS 12, ya iPhone 5s. kekhawatiran-kekawatiran itu sempat muncul sebelum beralih ke iOS 12.

Berangkat dari kekhawatiran di atas, saya ingin berbagi kepada kalian semua tentang hal-hal penting yang harus dilakukan sebelum memutuskan update iOS 12. Berikut:

1. Cadangkan Data atau Backup

Selalu backup data perangkat Apple kalian sebelum beralih iOS terbaru, ini sangat penting. Tujuan dari cadangan data adalah persiapan jika saat proses update mengalami kendala seperti jaringan WiFi tidak stabil/tiba-tiba mati yang menyebabkan eror perangkat. Jika sudah mempunyai Salinan data/hasil backup, maka tidak perlu takut. Lakukan restore data; Restore from Backup yakni kembali ke iOS versi sebelumnya.

Cara mencadangkan data iPhone, iPad atau iPod sangat mudah, gunakan iTunes. Buka iTunes dan sambungkan ke perangkat Apple yang akan diupdate ke iOS 12 lalu lihat menu Backups, silahkan pilih mau disimpan dimana data backupsnya, di iCloud atau di komputer. Jika sudah menentukan klik tombol Back Up Now

Tunggu hingga selesai backups data, jika sudah perhatikan hal penting berikutnya.

2. Ingat dan Catat Passcode lock dan ID Apple

Jika kalian update iOS dengan metode OTA (Over The Air) Update pasti diminta Passcode lock saat mengkik tombol download dan Install, juga saat pertama kali iPhone, iPad dan iPod kalian berwajah dengan iOS 12.

Passcode Lock dan ID Apple ini jangan sampai lupa, jika lupa jangan juga panik. Bila kalian lupa Passcode Lock, silahkan ikuti panduan yang diberikan Apple Support. Sedangkan bila lupa ID Apple silahkan akses halaman iforgot.apple.com dan pilih mode recovery Password, ikuti langkah-langkahnya.

3. Kosongkan Ruang Penyimpanan

Bersih-bersih file perlu dilakukan, aplikasi, file, data, photo, video dan lain-lain yang tidak penting sebaiknya dibuang saja. Tapi misalnya masih memiliki penyimpanan yang masih banyak, ini opsional saja. Besarnya ukuran iOS 12 berbeda-beda di masing-masing perangkat Apple. Pada iPhone 5s saya iOS 12 berukuran kurang lebih 3GB, setelah menjadi sistem operasi menjadi 6GB lebih. Siapkan saja 4 - 6GB ruang kosong, agar saat proses update berlangsung tidak terjadi eror.

4. Jaringan Internet Harus Stabil

Proses update iOS tidak menggunakan jaringan data seluler melainkan harus menggunakan WiFi. Karena memang ukuran iOS 12 ini membawa storage besar, sekitar 3GB lebih. 

Saran saya, jangan menggunakan WiFi empat umum karena kekuatan internetnya tidak stabil dan nyaris hilang-timbul. Gunakan jaringan WiFi dengan kekuatan internet yang kuat dan stabil baik update dengan metode OTA Update maupun via iTunes.

Itulah 4 hal penting yang harus kalian perhatikan sebelum iPhone, iPad dan iPod kalian berbaju baru. Jika keempaat poin di atas sudah kalian penuhi, update iOS 12 sudah bisa dilakukan. Selamat menggunakan iOS 12, More power to you.

No comments:

Powered by Blogger.