Tanoto Forestry Information Center (TFIC) Jadi Pusat Informasi dan Riset Kehutanan di Institut Pertanian Bogor

Photo by Unsplash
Sebelum kami akan menginformasikan kepada Anda tentang Tanoto Forestry Information Center (TFIC), yang kini menjadi salah satu pusat informasi dan juga riset kehutanan yang ada di Indonesia, tepatnya di Institut Pertanian Bogor, sebaiknya Anda ketahui terlebih dulu siapa sih yang sebetulnya membangun Tanoto Forestry Information Center tersebut? Tanoto Forestry Information Center pada dasarnya dibangun oleh Sukanto Tanoto yang juga merupakan seorang pebisnis sukses di Indonesia. Sukanto Tanoto adalah pendiri sekaligus pemimpin grup Royal Golden Eagle (RGE) yang lahir di Belawan. 

Sukanto Tanoto bisa dibilang cukup sukses dalam menjalankan bisnis – bisnisnya, lihat saja kini perusahaan – perusahaan yang ada di bawah naungannya sudah mampu mempekerjakan hingga 60 ribu orang lebih karyawan. Dan Sukanto Tanoto juga sudah memiliki aset yang luar biasa. 


Tanoto Foundation adalah anak perusahaan Royal Golden Eagle yang bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor untuk mendirikan Tanoto Forestry Information Center (TFIC). Perlu untuk kita tahu bersama, bahwa Tanoto Forestry Information Center ini dibangun dengan harapan agar jadi sumber informasi dan juga riset data – data pengelolaan hutan, perkembangan ilmu kehutanan, dan juga pembuatan kebijakan.



Tanoto Forestry Information Center Jadi Pusat Informasi dan Riset Kehutanan di Institut Pertanian Bogor

Sebagai pendiri Tanoto Foundation, Sukanto Tanoto mengatakan bahwa berdirinya Tanoto Forestry Information Center ini merupakan perwujudan dari dukungannya terhadap upaya pengembangan ilmu kehutanan yang ada di Indonesia. Dalam peresmian Tanoto Forestry Information Center di IPB, Sukanto Tanoto sangat berharap sekali agar Tanoto Forestry Information Center bersama IPB bisa bekerja sama dengan baik bersama perguruan tinggi yang lainnya, juga lembaga – lembaga penelitian untuk dukung informasi serta riset bidang kehutanan. 

Selain hal tersebut, Sukanto Tanoto juga menjelaskan bahwasannya peranan sektor dan industri kehutanan penting sekali bagi ekonomi di Indonesia. Untuk bisa tingkatkan kontribusi di sektor kehutanan, Indonesia pastinya akan sangat membutuhkan orang – orang yang pandai di bidang kehutanan. Tambah Sukanto Tanoto, Indonesia juga membutuhkan beberapa orang – orang yang bisa menggunakan serta mengembangkan pengetahuannya untuk kemudian diaplikasikan di bidang kehutanan. 


Hingga pada akhirnya berbagai macam aktifitas dalam Tanoto Forestry Information Center tersebut bisa jadi jalan bagi lahirnya para ilmuwan serta praktisi – praktisi kehutanan yang bisa unggul pada tingkatan internasional. Sementara itu menurut Rektor IPB sendiri, bahwa dengan adanya Forestry Information Center maka bisa wujudkan kebijaksanaan nasional yang berlandaskan pada ilmu pengetahuan. Ia juga sangat berharap agar nanti dengan adanya Tanoto Forestry Information Center, penelitian yang berorientasi pada pengelolaan hutan akan bisa terus dilakukan. 


Khususnya di Tanoto Forestry Information Center ini sendiri yang punya area dengan luasan sekitar 1.500 meter persegi tersedia akses jurnal internasional mengenai kehutanan. Pusat informasi tersebut kabarnya akan segera dibuka untuk umum. Tujuannya adalah agar masyarakat luas juga bisa mendapatkan informasi mengenai kehutanan. Kolaborasi antara IPB dengan Tanoto Foundation dalam naungan Sukanto Tanoto ini juga merupakan kelanjutan dari kerja sama yang sudah terjalin sejak lama. Dukungan anak perusahaan Royal Golden Eagle antar lain lewat pemberian beasiswa kepada lebih dari 400 mahasiswa S2 dan juga S2 di IPB. Dan semoga saja tujuan – tujuan dari dibangunnya Tanoto Forestry Information Center tersebut bisa terus tercapai di tahun – tahun berikutnya.

loading...

No comments:

Powered by Blogger.