Sekarang Belanja Online Sudah Aman?

Image from Unsplash
Belanja secara online bukan hal asing bagi kita saat ini dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Belanja online merupakan alternatif berbelanja dengan sangat mudah dan cepat. Hanya berbekal internet, smartphone atau komputer/laptop sudah bisa membeli segala kebutuhan dan keinginan, primer maupun sekunder dengan sangat mudah.

Saat ini sudah banyak online shop Indonesia atau e-commerce yang tumbuh. Ini disebabkan salah satunya dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia dan kebutuhan semakin meningkat. Pada esensinya, kehadiran online shop-online shop menjadikan kita semakin mudah dalam memenuhi dan mencari barang yang diinginkan, menjadi lebih hemat waktu untuk berbelanja, mendapatkan penawaran harga yang terjangkau dengan jaminan kualitas garansi barang, dapat memilih barangg dengan bebas dan bermacam-macam, bukan hanya terpaut satu barang saja.

Namun dengan perkembangan online shop yang semakin pesat menjadikan kita harus pintar memilah dan memilih, smartbuyer. Karena belanja secara online adalah metode belanja berjauhan antara pembeli dan penjual, tidak bisa interaksi dan bertatap muka secara langsung, maka pertanyaan yang paling urgent adalah bagaimana keamanannya.

Di bawah ini saya mencoba mengulas secara sederhana dan mendasar perihal keamaman berbelanja secara online saat ini.

Keamanan Berbelanja

Berbelanjalah pada online shop Indonesia terpercaya. Seperti Blibli, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Shoope, JD.id dan lainnya yang sudah popular ditelinga kita. Berbelanja di sana, keamanannya terjaga. Terlepas dari kekurangan dan kelebihan, belanja online di online shop resmi dan terpercaya 99% aman. Apalagi sistemnya yang semakin membaik masing-masing online shop menjadikan pelangganya nyaman berbelanja tanpa takut.

Jika Anda belanja onlne selain online shop di atas atau yang sudah familiar, tentu harus berhati hati. Silahkan dilihat terlebih dahulu online shop tersebut mulai dari ketenarannya; seberapa banyak orang mengenalnya, keamanan pembayaran, pengiriman barang, layanan service center dan lainnya yang mendukung.

Keamanan Pembayaran

Bemacam-macam cara pembayaran, mulai dari menggunakan Bank kartu kredit, transfer, dan metode pembayaran lainnya yang semakin memudahkan kita sebagai pelanggan. Jika memilih metode pembayaran transfer pastikan rekening tujuan atas nama Platform online shop, atau biasanya ada rekening atas nama kita sebagai pelanggan, ada juga dengan ketelitian tiga angka unik pada jumlah total pembayaran. Dengan mengikiti prosedur dan ketentuan pembayaran, uang Anda tetap aman.

Sistem pembayaran di online shop saat ini sudah semakin membaik, dengan tujuan meminimalisir penipuan. Dimana uang kita akan tertahan di platform online shop sebelum Anda mengklik tombol “Barang Sampai”. Jika barang benar-benar sampai dan keadaanya baik lalu Anda menekan tombol itu, maka uang akan diteruskan ke penjual. Tetap aman uang Anda jika barang dicancel, refund barang atau kesalahan teknis lainnya.

Keamanan Barang

Hanya membeli di online shop terpercaya saja barang yang dijual mendapatkan garansi dan dijamin keadaan dan keutuhannya. Jika kurang  puasa dengan keadaan barang yang diterima, kita bisa mengembalikannya dengan memakai layanan “refund barang’ alias kembalikan barang, tetapi dengan ketentuan-ketentuan tertentu bukan rusak atau cacat oleh tangan sendiri. Ketentuan-ketentuannya bisa Anda baca di ketentuan refund barang masing-masing online shop.

Tips dari saya, cek terlebih dahulu secara menyeluruh dan detail sesaat barang tiba sebelum mengklik tombol “barang telah diterima”. Jika benar-benar sesuai yang diharapkan, abaru tekan tombol terebut. Karena seperti saya bilang di atas, uang belanja akan diteruskan ke penjual barang bila sudah mengklik tombol tersebut.

Keamanan Pengiriman

Jasa pengiriman barang saat ini sudah banyak, mudah, dan semakin cepat. Online shop pun menjalin kerjasama dengan mereka, untuk mempermudah pengiriman barang belian pelanggnya. Hingga nomor resi pengiriman barang pun bisa kita cek dalam platform online shop secara realtime. Sehingga kita bisa melacak barang dari waktu ke waktu dengan mudah.

Bagaimana jika barang belum sampai juga di tangan sedangkan waktu yang ditentukan sudah jatuh tempo. Saran saya ajukan garansi peranjangan pengiriman barang di online shop, jika belum datang juga, Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menghubungi pihak jasa paket, jika “mbulet” tanpa ada solusi, klik saja “ajukan pengembalian barang” dalam online shop Anda. Maka uang Anda dikembalikan dan Anda bisa memilih barang baru lainnya dengan jasa kurir lebih cepat dan aman.

So,saya selalu menekankan untuk menjadi smartbuyer dan teliti saat belanja kebutuhan secara online. Keamanan yang terpenting. Karena masih banyak pelaku penjual online yang nakal, selalu beli pada e-commerce yang sudah terpercaya dan dipercayai banyak orang. Hindari belanja online secara individual, misal melalui Instagram, Facebook, WhtasApp dan lainnya, karena penipuan kerap terjadi. Belilah barang kebutuhan Anda di online shop Indonesia yang terpercaya. Semoga membantu.

loading...

No comments:

Powered by Blogger.