Ads Top

Cara Service TV LCD Yang Mati Total

Photo by Jens Kreuter on Unsplash
Memiliki perangkat elektronik apapun pastinya suatu saat nanti perangkat elektronik yang kita punyai tersebut akan mengalami kerusakan. Cepat atau lambat, kerusakan perangkat elektronik apapun akan terjadi meskipun kita merawatnya dengan sangat maksimal. Sama halnya dengan perangkat elektronik berupa televise LCD, pada suatu ketika pasti akan mengalami kerusakan, entah kerusakan ringan, sedang atau berat. Yang pasti kita harus siap – siap dari sekarang, agar ketika TV LCD yang kita miliki tersebut mengalamim kerusakan, kita sudah tidak akan merasa kaget lagi dan bisa langsung melakukan service secepatnya. Proses service TV LCD biasanya disediakan layanan khusus service oleh perusahaan atau pabrikan yang memproduksi TV LCD tersebut. Jadi, ketika TV LCD anda mengalami kerusakan berupa TV LCD yang mati total, segera ajukan perbaikan atas kerusakan TV LCD anda menggunakan kartu garansi yang ada.

Tapi jika masa garansi dari TV LCD yang anda punya tersebut sudah habis, anda bisa mencoba untuk melakukan service TV LCD sendiri. Sebagai referensi yang akan membantu anda untuk melakukan perbaikan TV LCD yang mati total tersebut, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki TV LCD yang mengalami mati total. Adapun beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut :


  1. Ukur tegangan sesuai label tegangan yang ada pada main board SMPS
  2. Tegangan untuk standby mikrokontroler wajib ada 5V, pada sebagian TV ada juga yang 3.5 V, oleh karena itu wajib cek label tegangan di mainboard
  3. Jika tegangan standby 5 V tidak ada, bisa dipastikan power supply yang kecil mengalami kerusakan
  4. Cek apakah sudah ada tegangan control ON dari mainboard ketika power on dinyalakan
  5. Jika tidak ada maka ada kemungkinan mainboard rusak
  6. Jika anda maka perlu dilakukan pengecekan SMPS utama kenapa power supply utama tidak mau bekerja sehingga tidak ada supply 12/24V
Demikian beberapa hal yang berkaitan dengan cara melakukan perbaikan atau service TV LCD yang mengalami kerusakan berupa kondisi TV LCD yang mati total. Coba lakukan dulu hal di atas sebelum andam membawanya ke tempat service TV LCD. 

No comments:

Powered by Blogger.