Ads Top

Cara Simpel Mengetahui Keaslian Lightning Cable iPhone

Photo by Juja Han on Unsplash
Di pasaran banyak yang menjual Lightning Cable iPhone, baik itu dengan tipe original, OEM, super KW, dan KW. Keempat tipe tadi sangat berbeda masing-masingnya. Dimana barang original adalah Lightning Cable yang merupakan barang resmi dari Apple, sedangkan OEM merupakan singkatan dari Original Equipment Manufacturer yang artinya Lightning Cable tersebut memiliki kualitas yang sama dengan barang original, perbedaannya adalah produk OEM mendapatkan izin atau telah mendapatkan Apple MFi Official Certification (Made for iPhone, iPad, and iPod Touch) seperti yang saya tulis sebelumnya. Adapun Lightning Cable super KW adalah produk yang mempunyai kualitas hampir sama dengan produk original, namun tanpa lisensi atau izin yang saya sebutkan tadi. Terakhir adalah Lightning Cable KW, produk dengan jenis ini merupakan barang yang memiliki kualitas paling jelek dari ketiga tipe di atas, bahasa mudahnya adalah produk palsu.

Keempat tipe di atas selain memiliki kualitas yang tidak sama juga harga yang dibanderol pun berbeda-beda. Barang originalah harga yang termahal jika dibandingkan, namun barang OEM lebih murah sedikit dibandingkan harga original. Maka temen-teman harus jeli dan teliti sekarang agar tidak salah pilih.


Dari penjelasan saya di atas mungkin akan timbul pertanyaan, salah satunya adalah Lightning Cable iPhone yang asli itu bagaimana? apa ciri-cirinya? dan bagaimana cara mendapatkannya? Kenapa harus yang original?


Ciri-ciri Lightning Cable Original

Produk resmi pastinya memiliki ciri khas agar tidak dimiliki atau dikalim oleh brand lain. Untuk mengenali Lightning Cable palsu atau tidak resmi, Kalian harus memperhatikan secara detail kemasan produk itu sendiri. Lightning Cable pihak ketiga resmi memiliki logo MFi di kemasannya, seperti gambar berikut:







Sedangkan Lightning Cable Original Apple memiliki ciri-ciri sebagai berikut:


1. Lightning Cable USB Apple terdapat label "Designed by Apple in California", dilanjutkan dengan "Assembled in China," "Assembled in Vietnam", atau "Indústria Brasileira" pada bagian kabel sekitar 7 inci dari konektor USB. Kalian juga dapat melihat nomor seri 12 digit di bagian akhir teks ini. Kemudian warna kabelnya adalah warna putih sedikit keabu-abuan tidak putih susu. Lightning Cable tidak resmi atau palsu bisanya tidak memiliki ciri-ciri tersebut.




2. Ujung Konektor Lightning Cable ke iPhone memiliki lempengan garis berwarna emas yang rapi, halus permukaanya dan panjang-pendeknya rata.  Selain itu warna faceplatenya metalik/abu-abu. Lain halnya dengan Ujung Konektor Lightning Cable tidak resmi atau palsu, memliki ciri-ciri sebaliknya dan faceplatenya biasanya dengan warna putih atau hitam. Harus jeli di sini ya.


3. Ujung Konektor Lightning Cable ke USB memiliki lempengan kabel yang seragam dan rata dengan permukaan serta berwarna emas, juga seng pembungkus USB memiliki permukaan halus dan rata.


Tempat Membeli Lightning Cable Original


Sekarang bagaimana kita mendapatkan/membeli Lightning Cable original dengan ciri-ciri di atas. Jawabannya adalah di toko resmi atau di toko yang sudah terpercaya keaslian produknya, sangat banyak toko-toko yang menjual Lightning Cable original seperti itu. Kalau kita sudah faham dengan ciri-ciri aslinya, ditoko manapun kita membeli pastinya tidak masalah. Kalau masih belum berani, silahkan beli di iBox yang menjual resmi semua produk Apple di Indonesia, atau kalian bisa membelinya di Official Apple Store di Lazada. Kedua retail tersebut sangat aman untuk keasliannya.


Keuntungan Menggunakan Lightning Cable Original


Namanya juga barang original pasti sangat banyak keuntungan yang didapatkan, karena memang prioritas Apple untuk memberikan pelayanan terbaik, brand lain punsaya rasa begitu. Keuntungan menggunakan Lightning Cable Original adalah:


1. Proses charger iPhone aman dan cepat.

2. Bisa dan mudah sync ke iTunes di PC atau laptop.
3. Proses perpindahan data, baik transfer ataupun aktivitas lainnya sangat cepat dan aman.
4. Awet digunakan, tidak mudah rusak.

Sebaliknya, bagaimana jika kita salah atau sengaja menggunakan Lightning Cable tidak resmi atau palsu, ada beberapa efek negatifnya, yaitu:


1. Perangkat iOS dapat rusak, artinya umur baterai atau iPhone secara keseluruhan tidak lama.

2. Tidak bisa sync ke iTunes di PC atau laptop, karena itunes tidak dapat membaca iPhone.
3. Kemungkinan besar barang palsu mudah rusak dan merusak.
4. Tidak bisa mengisi daya iPhone dengan arus listrik stabil, membahayakan pengguna.

Demikian cara simpel mengetahui keaslian Lightning Cable iPhone yang bisa kalian coba dan terapkan saat membeli atau mengecek yang sudah ada. Jika masih ada yang belum faham dan ingin ditanyakan silahkan hubungi saya melalui halaman contact atau melalui kolom komentar. Terimakasih.

No comments:

Powered by Blogger.