Ads Top

Cara Mengemudikan Mobil yang Baik dan Benar Bagi Pemula

Photo by Johannes Andersson on Unsplash
Menyetir kini bukanlah hal yang luar biasa lagi. Pada beberapa pekerjaan skill menyetir dibutuhkan sehingga dapat menjadi nilai tambah. Bukan hanya laki-laki saja tetapi perempuan pun kini banyak yang bisa menyetir baik untuk pekerjaan maupun hal pribadi. Maka tidak heran kini banyak kursus setir mobil yang mahal tetapi tetap ramai dikunjungi oleh mereka yang ingin belajar setir mobil.

Bagi Anda yang masih baru mengenai setir mobil, berikut adalah beberapa cara menyetir yang dapat Anda ketahui:
  1. Cara pegang setir. Cara ini menjadi salah satu pengetahuan dasar yang harus diketahui oleh para pemula. Cara pegang setir yang benar adalah dengan memegang pada ujung tuas yang berbentuk benjolan. Tetapi bukan untuk digenggam. Ujung tuas tersebut dipegang dengan menggunakan dua ruas dibawah jari telunjuk dan jari tengah. Jari lain mengapitnya tanpa tekanan dan ringan.
  2. Cara memindahkan gigi atau persneling. Caranya adalah ketika memindahkan gigi akan terasa seperti desakan dan bunyi yang timbul akibat desakan tersebut berbunyi ‘klek’.
  3. Cara mengemudikan mobil. Saat pertama mulai menjalankan mobil cari posisi yang netral dari persneling sehingga mobil tidak akan meloncat. Pada langkah awal sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu cara start, cara berhenti dan cara mengoper persneling. Dengan demikian Anda lambat laun akan reflek dan dapat mengemudikan mobil dengan benar.
  4. Cara start. Pertama-tama hidupkan mesin mobil Anda, selanjutnya injak kopling dan masukkan persneling 1. Injak kopling dan kaki kanan digunakan untuk menghimpit gas hingga suara mesin meningkat. Lepas kopling dengan pelan-pelan tetapi tidak jangan naikkan gas. Mobil Anda akan mulai berjalan dan bila telah stabil maka lepaskan kopling dan tambah kecepatan dengan menginjak gas.
  5. Cara berhenti. Berhenti dilakukan dengan cara menghimpit kopling, melepaskan gas disertai dengan kaki kanan menginjak pada pedal rem dengan perlahan. Atur rem agar mobil dapat berjalan lebih pelan. Jangan terlalu keras dalam menginjak rem karena akan beresiko bagi pengendara maupun penumpang lain.
  6. Cara mengoper persneling. Cara yang dapat dilakukan untuk langkah ini sebenarnya hampir sama dengan cara start. Perbedaannya adalah pada pergeserannya. Pertama tekan kopling, selanjutnya pindahkan tuas persneling. Lalu angkat kopling dengan cepat sambil menghimpit gas.

Pada dasarnya belajar mobil tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Hanya saja tergantung pada diri sendiri dengan memiliki tujuan belajar menyetir yang baik. Dengan memiliki kemampuan menyetir mobil akan lebih mudah dalam menjalankan berbagai aktivitas yang ada. Apalagi di dunia yang sangat cepat kemajuannya ini sehingga harus terus mengikuti perkembangan zaman tanpa menghilangkan prinsip moral yang telah lama ada. Dengan demikian Anda akan lebih mudah dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

No comments:

Powered by Blogger.