Ads Top

[REVIEW] iOS 11 di iPhone 5s (Update Konten)


iOS 11 merupakan OS terbaru Apple yang merupakan perbaikan total pada iOS 10 sebelumnya. Mengapa saya sebut perbaikan total, karena banyak tampilan baru yang disematkan iOS 11 ini. Mulai dari icon, tampilan aplikasi, warna layar dan pusat kontrol dengan tampilan benar-benar baru. iOS 11 ini hanya support pada device iPhone dari 5s ke atas, artinya iPhone 5 sampai iPhone 4 bahkan iPhone 3 tidak mendapatkan upgrade iOS 11 ini.

Bagaimana dengan iPhone 5s yang banyak kalangan menyarankan agar tidak mengupgrade ke iOS 11. Disebabkan banyak reviewers yang mengatakan iOS ini terkesan berat dan menjadi lebih lambat saat dioperasikan pada iPhone 5s. Mereka mengkomparasikan iPhone 5s dengan iOS 10 dan iOS 11. Hasilnya lebih optimal ketimbang iOS 11. Namun bagaimana pengalaman saya yang kebetulan device saya iPhone 5s yang sudah menggunakan iOS 11? 

Sebelumnya saya ingin bercerita sedikit mengenai iOS 11 yang ada pada device saya. Awalnya saya pun takut dan ragu menggunakan iOS ini, mengingat sudah banyak para reviewer di youtube yang mengatakan iPhone 5s akan lebih lambat dan tidak secepat iOS 10. Hal inilah yang membuat saya enggan upgrade ke iOS 11 walaupun iPhone saya setiap hari menawarkan upgrade iOS 11 dan terus saya tolak sekitar 2 mingguan. Suatu pagi saat saya bagun, iPhone saya sudah terupgrade dengan sendirinya ke iOS 11, karena memang selalu tersambung ke WiFi. Perasaan saya pun mendadak tidak enak, perasaan campur aduk iPhone saya pasti jadi lemot, jadi lambat, bagaimana dikembalikan lagi sedangkan belum backup data sebelumnya dan lain lain. Akhirnya saya pasrah dan mulai menggunakan iOS 11 ini.

Saya berbagi pengalaman dengan temen-temen yang mungkin iPhonenya sama seperti saya dan masih ragu dengan iOS 11 untuk diterapkan. Saya sudah sekitar 1 bulan bersama iOS 11, cukuplah untuk mereview. Berikut hasil opini saya tentang iOS 11 yang ada pada iPhone 5s.

Penampilan iOS 11
Seperti yang saya katakan iOS 11 membawa tampilan baru, ganteng menurut saya. Mulai dari locksrceen dengan tampilan notifikasi yang baru maupun tampilan home dengan icon yang lebih berwarna, sedikit mengecil dan terlihat lebih keren. Tampilan beberapa aplikasi pun mengalami perubahan, seperti App Store dengan desain baru seperti magazine layout dan isi lebih optimal menawarkan aplikasi atau game terbaik hari ini, tips dan trik dan aplikasi rekomendasi untuk kita.



Menurut saya penampilan iOS 11 lebih simpel namun usefull. Artinya membawa fitur yang lebih lengkap dan menarik. Bisa dilihat control center yang dibuat sedemikian menarik, simpel tapi modern menurut saya. Kita bisa menambahkan lebih banyak shortcut di control center. Screen recorder pun hadir di iOS 11 pada iPhone 5s, jadi temen-temen bisa membagikan tutorial misalnya, atau merekam temen yang sedang live di Instagram, Facebook atau aplikasi livestreaming lainnya.

Kinerja iOS
iOS 11 didesain lebih baik dari pendahulunya, didesain lebih friendly dan lebih cerdas dari iOS 10. iOS 11 dibuat untuk lebih memanjakan penggunanya dengan fitur yang lebih lengkap dan simpel dari pendahulunya. iOS 11 pada iPhone 5s yang telah saya gunakan sekitar 1 bulan tidak menurunkan kinerja iPhone itu sendiri saat digunakan. Bahkan yang saya rasakan adalah baterai lebih irit dari sebelum menggunakan iOS 11. Selain baterai, fitur sidik jari lebih responsive, dalam keadaan jari basah sekalipun. Multitasking dengan aplikasi sekitar 10 yang aktif tidak menunjukkan lag, tetapi smothnya lebih terasa.

Saat membuka aplikasi pertama kali masih terasa lancar, tidak ada perubahan yang mencolok, seperti lag atau terasa lambat. Karena memang cepat atau tidaknya membuka sebuah aplikasi dipengaruhi oleh jaringan provider setempat. Untuk aplikasi yang tidak membutuhkan data seperti kalkulator, jam, kompas dan lain-lain tidak ada lag sama sekali, lancar jaya.


Kesimpulan

Dari beberapa pendapat saya di atas, saya bisa menyimpulkan bahwa iOS 11 berjalan lancar pada device iPhone 5s, tidak ada keluhan sedikit pun. Semua berjalan normal dan bahkan lebih baik dari iOS 10. Selalu update segera ketika mendapatkan bagian update di iPhone merupakan cara untuk kinerja lebih baik pada device temen-temen.

Update 4 Desember 2017



Image: redmondpie.com
Apple telah merilis update iOS 11.2 setelah banyak bug di iOS 11.1.2. Banyak sekali keluhan dari pengguna ketika di iOS 11.1.2, salah satunya adalah restart yang berulang kali dengan sendirinya. Karena saya pengguna iPhone 5s, maka saya akan membahas keluhan saya di iOS 11.1.2, yaitu ketika menarik jendela notifikasi terasa macet, buka aplikasi kayak berat sekali, smoothnya ndak terasa; rasa pake android yang kebanyakan aplikasi dan lain-lain.

Nah, setelah update ke iOS 11.2, saya merasakan keluhan tadi hilang sirna, smoothnya makin kerasa di segala medan; buka-tutup aplikasi, multitasking, narik jendela notifikasi, control center makin friendly dan smooth, lancar pokonya. Satu lagi, touch IDnya makin responsive dan cepat banget. Ini yang saya rasakan ketika baru saja update lo ya.

Review
setelah saya bercengkrama dengan iOS 11.2 selama kurang lebih 2 minggu, saya merasakan seperti kembali ke iOS 10 (update terakhir) yang terasa enak banget digunakan dalam segala apapun, artinya tidak ada keluhan. Nah dengan iOS 11.2 ini bedanya hanya pada tampilan dan fitur-fitur lebih lengkap serta terlihat lebih modern, bersih dan simple. Selain itu, icon aplikasi pun sedikit lebih mencolok dan terkesan mewah ala-ala tampilan aplikasi saat ini. Warna layar pun berubah, warnanya lebih sejuk ketika mata melihat, tidak kuning tidak putih juga. 

Kecepatan membuka, menjalankan aplikasi juga sangat cepat. Multitasking juga oke, tidak lag dan macet serta smoothnya kerasa. Kemudian di segmen touch ID, walaupun iPhone 5s membawa fingerprint generasi awal, namun ketika di iOS 11.2 terasa menjadi generasi terbaru, artinya responnya, cepatnya dan fiturnya ditingkatkan. Terdapat icon fingerprint ketika Anda membalas pesan sosmed atau lainnya dalam keadaan locked.

Intinya adalah ada peningkatan yang cukup signifikan pada iOS 11.2 kali ini dari pendahulunya iOS 11.1.2. Banyak user yang mengatakan, bug-bug telah diatasi dan diperbaharui oleh iOS 11.2. 

Mungkin itu kesan saya setelah update iOS 11.2 di iPhone 5s. Bagaimana di iPhone kamu? Share pengalamanmu di kolom komentar.

No comments:

Powered by Blogger.