Ads Top

Efek Sering Minum Kopi


Malang. Siapa yang tidak suka minum kopi? Semua pasti suka terutama kaum Adam. Memang terdapat sebuah sugesti tersendiri apabila seseorang minum kopi apalagi di pagi hari sebelum beraktivitas. Ya, "semangat" dan "melek" merupakan dua kata yang bisa menjadi alasann seseorang untuk terus minum kopi setiap harinya.

Beberapa mungkin tidak memiliki masalah kesehatan saat  minum kopi. Namun sebenarnya ada beberapa efek negatif yang berpotensi pada kopi jika terlalu sering meminumnya, khususnya minum kopi sudah menjadi kebiasaan yang selanjutnya menjadi kecanduan, sehingga Anda sulit sekali untuk meningggalkan sehari tanpa meinum kopi.

Jika Anda penasaran permasalahan apa sajakan bila seseorang mengonsumsi kopi terlalu sering, cobalah untuk menyimak 5 efek negatif terlalu sering minum kopi berikut ini:

Gangguan Pada Pencernaan
Jika setiap pagi hari Anda mulai dengan minum kopi sedangkan perut dalam keadaan kosong, maka hal tersebut dapat menyebabkan rangsangan produksi asam klorida pada lambung dan usus semakin meningkat. Perlu diketahui HCL diproduksi hanya untuk mencerna makanan sedangkan kopi mengandung kafein yang apabila bertemu pada saat perut kosong dapat menyebabkan asam lambung meningkat. Sehingga yang terjadi adalah  dapat menyebabkan gangguan  pada sistem pencernaan, biasanya mengalami sakit perut, maag atau kembung. Rasa nyeri tersebut terjadi karena HCL diproduksi  secara berlebihan.

Menyebabkan Penyakit IBS (Irritable Bowel Syndrome)
Banyak senyawa yang ditemukan dalam biji kopi, seperti kafein, asam amino, asam khologenat, asam karboksilat dan asam lainnya. Senyawa-senyawa tersebut diketahui dapat menyebabkan iritasi pada perut dan lapisan usus kecil. Para dokter biasanya akan memberikan saran kepada pasien yang menderita maag, gastritis, penyakit IBS dan Crohn  untuk menghindari kopi sepenuhnya. Selain itu, terlalu sering minum kopi juga berpotensi menyebabkan kejang perut, kram dan masalah eliminasi atau pergantian antara sembelit dan diare yang selajutnya bisa mnyebabkan sindrom iritasi usus (IBS). Apabila Anda merasakan kondisi seperti ini silahkan konsultasi dengan dokter ahli.

Menyebabkan Detak jantung Meningkat
Kafein sebagai kandungan yang mendominasi pada kopi bersifat stimulan yang dapat menyebabkan kecanduan dan mempengaruhi sistem kardiovaskuler yang menyebabkan jantung dan tekanan darah selalu meningkat. Tentu hal ini merupakan dampak negatif bagi pecandu kopi. Minum kopi dengan frekuensi tinggi bisa menimbulkan jantung sering berdebar-debar, sulit tidur, kepala pusing dan gangguan lainnya.

Menyebabkan Stress Berat 
Kita sering mengatakan minumlah kopi agar sedikit semangat dan memberikan sedikit energi. Padahal pada lain kesempatan bukan menjadi sebuah energi tambahan melainkan berubah menjadi ketegangan, sulit tidur, gelisah dan sulit untuk bersantai. Jika minum kopi dilakukan secara terus menerus dan rutin, dalam jangka panjang masalah-masalah tersebut bisa muncul yang tentunya berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Jika masalah tadi muncul pada diri Anda, cobalah untuk mengurangi minum kopi.

Gangguan Pada Ginjal
Sebenarnya minum kopi atau makan yang mengandung kafein boleh-boleh saja, asalkan tidak berlebihan. Jika dengan dosis dan tingkat kafein yang wajar, maka hal tersebut tidak akan memberikan dampak buruk yang serius bagi kesehatan. Tapi ingat! bagi orang yang mempunyai riwayat sakit ginjal harus membatasi bila perlu mencegah dalam mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung zak kafein seperti kopi tadi misalnya.

Itulah 5 dampak negatif dari minum kopi secara berlebihan. Jika Anda mengalami salah satu masalah di atas, atau Anda merasa sudah candu minum kopi tetapi belum tahu bagaimana untuk berhenti, cobalah untuk  merencanakan dengan menggantikan kopi dengan minuman jenis baru yang rasanya mirip tetapi lebih menyehatkan tubuh. Tetapi jika Anda masih ingin terus kopi, cobalah meminumnya dalam batas normal danwajar serta tidak berlebihan.

No comments:

Powered by Blogger.